Keseruan Lomba Lari Estafet di Mako Lantamal X

Advertisement

Keseruan Lomba Lari Estafet di Mako Lantamal X

Senin, 13 Januari 2020


LOMBA LARI ESTAFET MILITER LANTAMAL X BERLANGSUNG SERU 

Jayapura, cbnews - Dalam memasuki bulan Trisila TNI Angkatan Laut yang dimulai sejak tanggal 5 Desember 2019 sampai dengan tanggal 15 Januari 2020 bertepatan dengan Hari Dharma Samudera, Lantamal X mengadakan pembinaan satuan (Binsat) dalam bentuk lomba lari estafet militer. Bertempat di lintasan lapangan apel Mako Lantamal X. Senin (13/01/2020).

Disaksikan langsung oleh Komandan Lantamal X (Danalantamal X) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika. Dengan menempuh jarak 335 meter sekali putaran, lomba lari estafet militer ini dibagi dalam dua kategori, yakni kategori militer dan PNS Lantamal X.

Kategori militer terdiri dari delapan regu kewasgiatan, yaitu Srena, Sintel, Sops, Spers, Slog, Spotmar, Satrol Lantamal X dan Yonmarhanlan X dengan jumlah 7 orang setiap regu. Sedangkan untuk kategori PNS diikuti 4 regu dengan kompisisi satu regu terdiri dari 4 PNS pria dan 3 PNS wanita.

Lomba berlangsung sangat meriah, seru, sekaligus mengharukan. Dimana setiap individu dalam regu harus berjuang untuk menjadi yang tercepat. Ditambah dengan tepukan tangan serta teriakan penyemangat dari para penonton, menambah suasana lomba semakin menarik.

Setiap peserta kategori militer diwajibkan memakai helm standart militer dan memikul senjata SS1 serta berseragam PDL. Sedangkan untuk kategori PNS hanya diwajibkan memakai helm standart militer saja.

Semangat perjuangan dari para peserta untuk bisa sampai kegaris finish patut diacungi jempol. Kalau boleh digambarkan dengan gambar emoji yang biasa digunakan dilayanan aplikasi pesan, mungkin kita akan membubuhkan 3 emoji gambar jempol, bahkan mungkin lebih bagi para peserta lomba.

Bagaimana tidak mengharukan, para peserta yang tergolong memiliki usia yang sudah tidak muda lagi harus berjuang berkompetisi dengan personel yang masih tergolong berusia muda untuk menjadi yang tercepat. 

Tidak terkecuali Ibu Darmiati Sirrang, PNS Denma Lantamal X, salah satu peserta lomba dari regu 3 kategori PNS. Saat personel Dispen Lantamal X yang sedang meliput kegiatan bertanya berapa usianya kepadanya, dengan semangat Ibu Darmiati menjawab 50 tahun.

Dalam sambutannya didepan seluruh prajurit dan PNS Mako Lantamal X, Danlantamal X mengatakan bahwa tidak ada parujurit atau tentara tua, tidak terkecuali Pegawai Negeri Sipil dilingkungan militer. Yang ada adalah personel yang memiliki semangat juang yang tinggi dan kegigihan dalam meraih suatu tujuan.

“Kita telah melaksanakan sebuah kompetisi. Bergembira dalam kompetisi hal yang positif dalam pembinaan satuan.”, ungkap Danlantamal X.

Lebih lanjut Danlantamal X mengungkapkan bahwa keberhasilan dalam pembinaan satuan salah satunya adalah pembinaan fisik prajurit. Dimana setiap prajurit harus dituntut untuk memiliki fisik yang prima, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut juga diadakan ”partai tambahan”, dimana terdapat dua tim Srikandi Laut/Kowal Lantamal X beradu kecepatan.

Tim Satu yang beranggotakan Serma Ilma Zakiyati berpasangan dengan Serda Erika Amelia harus beradu cepat dengan Tim Dua yang dikepalai Serma Imelda Siregar berduet dengan Sertu Nifa Rizalia. Akhirnya Tim Dua harus mengakui kecepatan Tim Satu dalam partai tambahan tersebut.

Dengan menorehkan catatan waktu 7 menit 24 detik, Yonmarhanlan X dibawah pimpinan Kapten Mar Arafat berhasil menjadi yang tercepat pada kategori militer. Sedangkan untuk kategori PNS diraih regu 4 dibawah pimpinan PNS Rudi Evan.
  
Berita Dispen Lantamal X/ Jayapura.